Assessment Kerentanan Bangunan SMP Negeri 2 Padang Terhadap Gempa Bumi Yang Diprediksi Berdasarkan Seismic Index dan Seismic Demand

Cantika, Anisya Aulia (2020) Assessment Kerentanan Bangunan SMP Negeri 2 Padang Terhadap Gempa Bumi Yang Diprediksi Berdasarkan Seismic Index dan Seismic Demand. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ANNISA_AULIA_CANTIKA_17062012_594_2020.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Indonesia menempati zona tektonik yang sangat aktiv karena tiga lempeng besar dunia serta lempeng-lempeng kecil lainnya saling bertemu di wilayah Indonesia. Zona tektonik tersebut membentuk jalur-jalur pertemuan lempeng yang kompleks. Keberadaan interaksi antar lempeng-lempeng ini menempatkan wilayah Indonesia sebagai wilayah yang sangat rawan terhadap gempa. Sumatera Barat berada di antara pertemuan lempeng benua besar (lempang Eurasia dan lempeng Indo-Australia) dan patahan (sesar) semangko. Pertemuan lempeng ini menyebabkan Sumatera Barat menjadi rawan gempa. Salah satu zona merah yang terdapat pada peta evakuasi Kota Padang adalah SMP Negeri 2 Padang untuk mengurangi resiko bahaya yang terjadi akibat dampak gempa bumi maka diperlukan peninjauan kembali dengan metoda seismic index dan seismic demand menggunakan panduan The Japan Building disaster Prevention demand (JBDPA, 2001). Jenis pengujian yang digunakan dalam proyek akhir ini adalah pengujian deskriptif dengan metode kuantitatif. Hasil dari pengujian yang penulis lakukan di SMP Negeri 2 Padang penulis menyimpulkan bahwa kekuatan struktur SMP Negeri 2 Padang kuat terhadap gempa bumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:57
Last Modified: 26 Mar 2021 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28741

Actions (login required)

View Item View Item