Uji Antagonis Pseudomonad Fluoresen Penghasil Siderofor terhadap Ralstonia solanacearum Penyebab Penyakit Layo Tanaman Nilam.

Yulianda, Shintia (2020) Uji Antagonis Pseudomonad Fluoresen Penghasil Siderofor terhadap Ralstonia solanacearum Penyebab Penyakit Layo Tanaman Nilam. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SHINTIA YULIANDA-16032026_2184_2020.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

Pseudomonad fluoresen adalah kelompok mikroorganisme antagonis yang hidup di sekitar akar tanaman. Pseudomonad fluoresen dapat menghasilkan siderofor, yaitu senyawa antimikroba yang berperan sebagai agen biokontrol untuk penyakit tanaman. Penyakit layu bakteri yang disebabkan Ralstonia solanacearum merupakan masalah utama pada nilam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas antagonis pseudomonad fluoresen penghasil siderofor terhadap R. solanacearum penyebab penyakit layu tanaman nilam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan adalah j enis isolat PfPj 1, PfPj2, PfCas, PfCas3, PfKd7, LAHP2, PfPbl. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan November 2019 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. Data diameter zona hambat dianalisis menggunakan uji ANOVA dan dilanjutkan dengan uji lanjut DNMRT dengan tarafnyata 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pseudomonad fluoresen penghasil siderofor dapat menghambat pertumbuhan R. solanacearum penyebab penyakit layu tanaman nilam. Kemampuan penghambatan dilihat berdasarkan diameter zona hambat yang terbentuk. Diameter zona hambat yang paling besar dihasilkan oleh isolat LAHP2 yitu 10,61 mm dan yang terkecil dihasilkan oleh isolat PfPj2 yaitu 3,94 mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2020 05:56
Last Modified: 06 Nov 2020 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28738

Actions (login required)

View Item View Item