Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Ampas Kopi ( Coffea arabica L.) Sebagai Nutrisi Hidroponik pada Tanaman Sawi (Brassicajuncea L.)

Faradhila, Fika (2020) Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Ampas Kopi ( Coffea arabica L.) Sebagai Nutrisi Hidroponik pada Tanaman Sawi (Brassicajuncea L.). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_FIKA_FARADHILA_16032066_2786_2020.pdf

Download (671kB) | Preview

Abstract

Sebagai sayuran sawi mengandung berbagai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan, karena pada sayuran sawi mengandung vitamin dan mineral yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan metabo lisme tubuh. Salah satu cara untuk penanaman sayuran pada lahan yang sempit adalah dengan menggunakan sistem hidroponik. Hidroponik merupakan cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah tetapi menggunakan air sebagai media dan menggunakan unsur hara sebagai nutrisi untuk pertumbuhan tanaman. Budidaya secara hidroponik merupakan salah satu upaya untuk memperoleh produk pertanian yang berkualitas, sehat, dan bebas pestisida. Namun penggunaan nutrisi hidroponik untuk saat ini masih bersumber pada pupuk kimia. 0 leh karena itu salah satu solusi untuk mengurangi penggunaan pupuk anorganik tersebut dapat digunakan pupuk organik yaitu pupuk organik cair dimana lebih mudah terserap oleh tanaman karena unsur-unsur di dalamnya sudah terurai. Salah satu limbah yang dapat dijadikan pupuk organik cair yaitu limbah ampas kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan pupuk organik cair ampas kopi ( Coffea arabicaL.) sebagai nutrisi hidroponik pada tanaman sawi (Brassica juncea L. ). Penelitian ini telah dilakukan bulan Februari sampai April 2020, bertempat di Laboratorium Penelitian Terpadu dan rumah kawat Jurusan Biologi FMIP A UNP .Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan uji Analisis Varians (ANOVA) dan uji lanjut DNMRT pada tingkat 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai konsentrasi larutan nutrisi hidroponik dengan pupuk organik cair berbahan dasar ampas kopi memberikan pengaruh yang nyata untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi ( Brassica juncea L.) baik dari tinggi tanaman, jumlah daun dan luas daun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2020 05:56
Last Modified: 06 Nov 2020 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28737

Actions (login required)

View Item View Item