Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Kota Solok.

Dewi, Anggia Sukma (2020) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Kota Solok. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika, oleh karena itu kemampuan pemecahan masalah harus ditingkatkan. Kenyataan yang ditemukan di sekolah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning di kelas VII SMPN 2 Kota Solak. Jenis penelitian adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan rancangan Randomized Control-Group Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, dan terpilih kelas VII 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 9 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh P - value = 0,015. Karena P - value < a, maka tolak H0. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 2 Kota Solak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:28
Last Modified: 06 Nov 2020 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28730

Actions (login required)

View Item View Item