Deskripsi Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Matriks di Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Padang.

Gustianingsih, Livia (2020) Deskripsi Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Matriks di Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_LIVIA_GUSTIANINGSIH_16029018_2427_2020.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kondisi motivasi peserta didik yang baik dapat menjadikan peserta didik memiliki rasa percaya diri dan rasa dihargai dalam lingkungan belajamya, begitu sebaliknya, motivasi belajar yang rendah akan mengurangi rasa percaya diri peserta didik sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 5 Padang dalam pembelajaran matematika pada materi matriks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode survey pendidikan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari l kelas. Kelas yang dimaksud adalah kelas XI IPS 4 yang terdiri dari 14 orang peserta didik laki-laki dan 18 orang peserta didik perempuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar yang berisi pemyataan-pemyataan sesuai dengan indikator motivasi belajar. Indikator yang dimaksud adalah adanya dorongan dan kebutuhan belajar, menunjukkan perhatian dan minat terhadap tugas-tugas yang diberikan, tekun menghadapi tugas, adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya penghargaan dalam belajar dan lingkungan belajar yang kondusif. Data motivasi belajar dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase. Berdasarkan hasil temuan diperoleh motivasi belajar matematika peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 5 Padang termasuk kedalam kategori rendah dengan persentase sebesar 49,61 %. Berdasarkan indikatornya diperoleh 1 dari 6 indikator memiliki kategori motivasi sedang dan 5 lainnya rendah. Berdasarkan individunya dari 32 orang peserta didik 1 orang peserta didik termasuk kedalam kategori sangat tinggi, 3 orang peserta didik termasuk kedalam kategori tinggi, 6 orang peserta didik termasuk kedalam kategori sedang, 11 orang peserta didik termasuk kedalam kategori rendah dan 11 orang lainnya termasuk kedalam kategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:57
Last Modified: 05 Nov 2020 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28727

Actions (login required)

View Item View Item