Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Mind Map Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMPN 27 Padang.

Lestari :, Threea (2020) Pengaruh Pemberian Tugas Rumah Berupa Mind Map Sebelum Penerapan Model Pembelajaran Aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik di SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_THREEA_LESTARI_16031031__2542_2020.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Peserta didik di SMPN 27 Padang masih kurang aktif pada saat proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan kompetensi belajar pada aspek pengetahuan dan sikap tergolong rendah dalam mata pelajaran IPA. Guru dapat menggunakan model Giving Question and Getting Answer sebagai salah satu altematif dari masalah diatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas rumah berupa mind map sebelum penerapan model pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap kompetensi belajar IPA pada aspek pengetahuan dan sikap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimental Research) dan menggunakan rancangan Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction yang biasa digunakan guru dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer dengan pemberian tugas rumah berupa mind map. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar dan penilaian sikap berupa lembar observasi. Hasil uji t diketahui bahwa pada kompetensi pengetahuan thitung > t1abel(4,99> 1,67), dan hasil uji t kompetensi sikap diketahui nilai thitung>ttabel (6,36 > 1,67). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas rumah berupa mind map sebelum penerapan model pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer (GQGA) berpengaruh signifikan terhadap kompetensi belajar IPA pada aspek pengetahuan dan sikap peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Nov 2020 05:24
Last Modified: 05 Nov 2020 05:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28724

Actions (login required)

View Item View Item