Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki dengan Ketepatan Shooting Pemain Sepakbola SSB Tunas Putra Kota Payakumbuh

Saputra, Andrea (2020) Hubungan Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Kaki dengan Ketepatan Shooting Pemain Sepakbola SSB Tunas Putra Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANDREA_SAPUTRA_15086362_2460_2020.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu ketepatan shooting yang tidak tepat sasaran dan tembakannya lemah yang mudah ditangkap penjaga gawang. Padahal ketepatan tendangan ke gawang merupakan salah satu hal yang penting untuk mencetak gol ke gawang lawan dalam usaha memenangkan pertandingan. Banyak faktor yang menyebabkan ketepatan shooting diantaranya adalah daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki Pemain SSB Tunas Putra Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh Pemain SSB Tunas Putra Kota Payakumbuh yaitu sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah 20 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk variabel daya ledak otot tungkai menggunakan tes broad jump, koordinasi mata kaki dengan tes sasaran koordinasi mata kaki. Sedangkan ketepatan shooting yaitu dengan menggunakan tes ketepatan shooting. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Daya ledak otot tungkai mempunyai hubungan secara signifikan dengan ketepatan shooting dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan thitung = 2,56 > ttabel 1,73. 2) Koordinasi mata-kaki mempunyai hubungan secara signifikan dengan ketepatan shooting dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan thitung = 2,17 > ttabel 1,73. 3) Daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama mempunyai hubungan secara signifikan dengan ketepatan shooting dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan Fhitung = 4,59 > Ftabel 3,59.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:53
Last Modified: 05 Nov 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item