Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Kota Solok Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Sepak Bola dan Bola Voli

Kaskosa, Aditya Pratama (2020) Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Kota Solok Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Sepak Bola dan Bola Voli. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ADITYA_PRATAMA_KASKOSA_15086263_2984_2020.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Berdasarakan pengamatan peneliti bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 3 Kota Solok yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan bola voli tergolong sedang, ini terlihat waktu aktifitas olahraga berlansung siswa tersebut banyak yang tidak melakukan olah raga dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana tingkat kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 3 Kota Solok yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola dan bola voli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa (sepak bola dan bola voli) SMP Negeri 3 Kota Solok. Sedangkan sampel diambil sebanyak 30 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan alat ukur tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI). Teknik analisis data menggunakan analisisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan tingkat kebugaran jasmani siswa.SMP Negeri 3 Kota Solok bahwa dalam kategori siswa (sepak bola dan bola voli) tidak ada satu orangpun siswa yang memiliki kebugaran jasmani kategori “baik sekali”. Namun 5 orang (16,7%) memiliki kebugaran jasmani kategori “baik”, 20 orang (66,6%)memiliki kebugaran jasmani kategori “sedang”, 5 orang (16,7%) memiliki kebugaran jasmani kategori “kurang”, dan tidak ada siswa yang memiliki kebugaran jasmani kategori “kurang sekali”. Berdasarkan perhitungan statistic terhadap data yang diperoleh kebugaran jasmani siswa SMP Negeri 3 Kota Solok yang mengikuti ekstrakulikuler sepak bola dan bola voli berada dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:06
Last Modified: 04 Nov 2020 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28711

Actions (login required)

View Item View Item