Studi Literatur Penggunaan Bahan Ajar Berorientasi Chemistry Triangle pada Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.

Sari, Kiky Vebrielna (2020) Studi Literatur Penggunaan Bahan Ajar Berorientasi Chemistry Triangle pada Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_KIKY_VEBRIELNA_SARI_16035117_2421_2020.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar ilmu kimia mengandung konsep-konsep yang bersifat abstrak seperti atom, molekul, ion, struktur kimia dan reaksi-reaksi. Keabstrakan ilmu kimia ini menyebabkan konsep kimia cenderung sulit dipelajari oleh peserta didik sehingga kurangnya aktivitas belajar peserta didik. Untuk meningkat aktivitas belajar peserta didik, perlu digunakan bahan ajar yang berorientasi chemistry triangle seperti: modul, lembar kerja peserta didik, video, bahan ajar multimedia interaktif seperti CAI (Computer Assisted Instruction), Compact Disk (CD), aplikasi android, dan bahan ajar berbasis web (web based learning). Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran penggunaan bahan ajar berorientasi chemistry triangle pada materi sistem koloid terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu jumal ilmiah berupa artikel. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan teknik analisis data berupa analisis isi (content analysis). Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggali ide, mencari informasi, mempertegas fokus penelitian, mengorganisasi catatan, review, memperkaya bacaan, dan reorganisasi bahan kembali serta menulis hasil penelitian. Melalui studi literatur yang ditemukan bahwa bahan ajar berorientasi chemistry triangle pada materi sistem koloid dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat diperoleh dari hasil perhitungan data dimana nilai t- hitung > t-tabel. Seperti pada penelitian mengenai penggunaan multimedia pembelajaran berbasis multi level representasi pada materi sistem koloid diperoleh hasil uji t-test dimana t-hitung 4.475 > t-tabel 1.672.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Nov 2020 07:08
Last Modified: 03 Nov 2020 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28703

Actions (login required)

View Item View Item