Analisis Kesiapan Belajar Peserta Didik SMAN 9 Padang di Era Revolusi Industri 4.0 Berdasarkan Persepsional Peserta Didik.

Fendina, Decazkia Dwi (2020) Analisis Kesiapan Belajar Peserta Didik SMAN 9 Padang di Era Revolusi Industri 4.0 Berdasarkan Persepsional Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_DECAZKIA_DWI_FENDINA_16031086_2486_2020.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

Perubahan era revolusi industri telah membawa dunia pendidikan ke arah yang lebih maju pada saat ini. Perubahan era kini berada pada era revolusi industri 4.0. Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan teknologi dan informasi sebagai basis kebutuhan bagi masyarakat, terutama dalam menghasilkan lulusan terbaik untuk masa depan yang berkualitas dan professional. Maka dari itu perlu dilakukan analisis kesiapan belajar peserta didik di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di SMAN 9 Padang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X dan kelas XI SMAN 9 Padang dengan jumlah 433 orang peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket JRZ 4.0 yang diadopsi peneliti sebelumnya. Data peneliti dianalisis kemudian dilihat kesiapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan belajar peserta didik SMAN 9 Padang di Era Revolusi Industri 4.0 berdasarkan persepsi peserta didik yaitu berdasarkan total keseluruhan skill dengan nilai 3,79 dengan kategori siap, berdasarkan tingkat kelas X dan XI masing-masing nilainya 3,76 dan 3,77 dalam kategori kedua kelas adalah siap, berdasarkan gender yaitu laki-laki dan perempuan dengan nilai masing-masingnya 3, 77 dan 3,81 dalam kategori sama- sama siap, dan terakhir berdasarkan kesiapan peserta didik keseluruhan dengan nilai 3,77 dalam kategori siap. Peneliti mendapat hasil kesimpulan bahwa analisis kesiapan belajar peserta didik SMAN 9 Padang telah siap di Era Revolusi Industri 4.0 berdasarkan persepsional peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:42
Last Modified: 03 Nov 2020 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28699

Actions (login required)

View Item View Item