Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri Kota Padang

Eliza, Pramutia Putri (2020) Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_PRAMUTIA_PUTRI_ELIZA_16004028_2088_2020.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan jam pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri Kota Padang. Ada SMPN di Kota Padang yang menerapkan pembelajaran Bimbingan TIK dengan alokasi waktu 2 jam pertemuan yang dilaksanakan sekali 2 minggu. Cara lain ada juga SMPN di Kota Padang yang menerapkan pembelajaran Bimbingan TIK dengan alokasi waktu 1 jam pertemuan yang rutin dilaksanakan setiap minggunya. Perlu dilakukan penelitian manakah yang lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang persepsi peserta didik dan hasil belajar peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran TIK yang dilakukan di sekolah yang berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis ex post-facto. Populasi penelitian adalah SMPN 31 Padang dan SMPN 25 Padang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, siswa kelas VII SMPN 31 Padang dan siswa kelas VII SMPN 25 Padang, masing-masing sekolah berjumlah 30 siswa yang jumlah keseluruhan sampel sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner berbentuk pernyataan sebanyak 30 butir dan alat pengumpulan data ini secara online menggunakan google forms yang linknya dikirim ke group whatsapp. Jenis data penelitian berupa sikap atau persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Bimbingan TIK di sekolah dan hasil belajarnya berupa nilai siswa yang sudah ada sebelumnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rata-rata persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Bimbingan TIK pada kelas VII SMPN 31 Padang (2 jam pelajaran sekali 2 minggu) 99,2 lebih tinggi dari pada siswa kelas VII SMPN 25 Padang (1 jam pelajaran setiap minggu) 94,87. Walaupun tidak berbeda secara signifikan. Dilihat dari hasil belajar siswa di SMPN 31 Padang yang melaksanakan pembelajaran Bimbingan TIK 2 jam pelajaran sekali 2 minggu lebih tinggi dibanding siswa di SMPN 25 Padang yang melaksanakan pembelajaran Bimbingan TIK 1 jam pelajaran setiap minggu (91 > 84). Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil thitung 5,426 sedangkan ttabel 2,000 sehingga thitung > ttabel, sehingga perbedaan hasil belajar uji signifikan. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa penerapan pelaksanaan pembelajaran Bimbingan TIK 2 jam pelajaran sekali 2 minggu lebih efektif dibanding yang menerapkan sistem pelaksanaan pembelajaran Bimbingan TIK 1 jam pelajaran setiap minggu dilihat dari hasil belajar, tetapi sikap siswa perbedaannya tidak signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Nov 2020 07:32
Last Modified: 02 Nov 2020 07:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28684

Actions (login required)

View Item View Item