Pengaruh Model Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu pada Tema 8 di Kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat.

Oktari, Noci (2020) Pengaruh Model Discovery LearningTerhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu pada Tema 8 di Kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_6_NOCI_OKTARI_16129082_2847_2020.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 bersifat tematik terpadu. Dalam pembelajaran tematik terpadu memadukan berbagai mata pelajaran pada kurikulum dan menghubungkannya melalui jaringan tema. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis pada pembelajaran tematik terintegrasi, yaitu pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema. Pembelajaran tematik terpadu menggunakan tema yang menyatukan beberapa materi ke dalam satu mata pelajaran, menghubungkan mata pelajaran yang satu dengan mata pelajaran lainnya. sementara itu, penggunaan pembelajaran tematik terpadu pada saat ini belum sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, hal itu ditandai oleh rendahnya hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Oleh sebab itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model Discovery Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar tematik terpadu pada tema 8 di kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat?” Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), dengan tujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara dua variabel yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalen Pretest –Posttest Control Group Design dengan kelompok kontrol yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas Vb sebagai kelas eksperimen dan kelas Vc sebagai kelas kontrol SDN 23 Ujung Gurun. Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t, dengan taraf signifikan 5% (=0,05). Berdasarkan perhitungan analisis data hasil t-test dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung 4,45 dan Ttabel = 1,68830. Dengan thitung>ttabelyaitu (4,45 >1,68830). Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap Hasil belajar Tematik Terpadu pada tema 8 di Kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kecamatan Padang Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 27 Oct 2020 07:56
Last Modified: 27 Oct 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28673

Actions (login required)

View Item View Item