Hubungan antara Pengelolaan ingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Tahfizd di TPQ/TPSQ Al-Hasib Beringin Nagari Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman

Gustria, Nela (2020) Hubungan antara Pengelolaan ingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Tahfizd di TPQ/TPSQ Al-Hasib Beringin Nagari Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_NELA_GUSTRIA_15005023_2565_2020.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta tahfizd di TPQ-TPSQ Al-Hasib Beringin yang diduga karena kurangnya pengelolaan lingkungan belajar di TPQ-TPSQ Al-Hasib Nagari Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengambarkan pengelolaan lingkungan belajar, (2) mengambarkan hasil belajar peserta tahfizd, dan (3) melihat hubungan antara pengelolaan lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta tahfizd di TPQ/TPSQ Al-Hasib di Beringin. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah keseluruhan peserta TPQ dan TPSQ yang terdiri dari anak SD kelas V dan VI dan SMP kelas I, II, III sebanyak 28 orang. Sedangkan sampel diambil sebanyak 75% dari populasi yaitu berjumlah 21 orang dengan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara terstruktur, data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan rumus rhank order correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengelolaan lingkungan belajar di TPQ-TPSQ Al-Hasib dikategorikan masih kurang baik, (2) hasil belajar peserta tahfizd di TPQ-TPSQ Al-Hasib Beringin tergolong rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan lingkungan belajar dengan hasil belajar peserta tahfizd di TPQ/TPSQ Al-Hasib Beringin Nagari Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:12
Last Modified: 27 Oct 2020 02:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item