Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire 17.0 Melalui E-Learning

Ramadhanty, Ratumas Ayu Atika Putri (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire 17.0 Melalui E-Learning. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_RATUMAS_AYU_ATIKA_PUTRI_RAMADHANTY_16138075_5645_2018.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif pada mata kuliah elektronika daya Program Studi Pendidikan Teknik Elektro serta mengungkapkan validitas, praktikalitas, dan efektivitas media tersebut. Media pembelajaran interaktif ini dirancang untuk dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa sehingga mahasiswa dapat memahami secara keseluruhan materi yang disediakan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Instructional Development Institute (IDI) yang meliputi tiga tahap yaitu (1) define, (2) develop, dan (3) evaluate. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh ahli media, dosen, dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah elektronika daya. Media pembelajaran interaktif ini dirancang dengan menggunakan Lectora Inspire 17.0. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif (2) Validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan valid, pada validasi media dengan nilai 0,84 dengan kategori valid dan pada validasi materi dengan nilai 0,86 dengan kategori valid, (3) Praktikalitas media pembelajaran interaktif berdasarkan respon dosen dinyatakan praktis dengan persentase 83,33% dan berdasarkan respon mahasiswa dinyatakan praktis dengan persentase 83,58%, (4) Efektivitas media pembelajaran interaktif dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa secara klasikal dari 41 orang mahasiswa terdapat 39 orang dinyatakan tidak perlu melakukan perbaikan dan 2 orang mahasiwa dinyatakan harus melakukan perbaikan sesuai Peraturan Akademik UNP pasal 51 ayat 1 dan 3, dengan persentase sebesar 95,34%. Sedangkan dalam melihat peningkatan hasil belajar mahasiswa dilakukan perhitungan dengan gain score. Nilai gain score yang diperoleh yaitu 0,46 yang berada pada kategori “sedang”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Oct 2020 00:26
Last Modified: 27 Oct 2020 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28665

Actions (login required)

View Item View Item