Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Siswa SMA Negeri Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di Bukittinggi

Sirait, Alex Yohanes (2019) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Siswa SMA Negeri Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ALEX_YOHANES_SIRAIT_4891_1202660_2019.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Disiplin belajar siswa SMA di Aur Birugo Tigo Kabupaten Baleh, Bukittinggi. 2) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Disiplin Belajar siswa SMA di Aur Birugo Tigo Baleh, Bukittinggi. 3) Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama mempengaruhi disiplin belajar siswa SMA di Aur Birugo Tigo Kabupaten Baleh, Bukittinggi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Sejauh mana pengaruh Motivasi Belajar terhadap Disiplin belajar siswa SMAN Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi ? (2) Sejauh mana pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Disiplin belajar siswa SMAN Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi ? (3)Sejauh mana pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama mempengaruhi Disiplin belajar siswa SMAN Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh Bukittinggi ? Penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kemudian gunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel 317 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dalam bentuk kuesioner. Untuk analisis data digunakan analisis regresi berganda menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para siswa, guru dan orang tua. Siswa diharapkan lebih giat dalam mengerjakan soal-soal atau tugas tugas yang diberikan guru. Guru diharapkan dapat memeriksa tugas-tugas setiap siswanya. Dan orang tua diharapkan dapat lebih mengatur waktu untuk berinteraksi dengan anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap disiplin belajar siswa SMAN kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di Bukittinggi. 2) Motivasi Belajar berpengaruh signifikan dan positif terhadap disiplin belajar siswa SMAN kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di Bukittinggi. 3) Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan dan positif terhadap disiplin belajar siswa SMAN kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh di Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Oct 2020 00:26
Last Modified: 27 Oct 2020 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28659

Actions (login required)

View Item View Item