Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman.

Mufida, Afra (2019) Pengaruh Pendapatan Orang Tua dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pengaruh pendapatan orang tua terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (2) Mendeskripsikan pengaruh prestasi belajar terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Minat adalah sesuatu yang penting bagi keberhasilan seseorang terhadap suatu hal atau aktivitas tertentu yang dilakukannya. Minat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dalam penelitian ini penulis mengambil faktor internal yaitu prestasi seseorang dan faktor eksternal yaitu pendapatan orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif karena memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya dan diolah menggunakan program SPSS versi 21. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket penelitian. Populasi penelitian yaitu Siswa Kelas XII Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 2 Pariaman sebanyak 107 orang dengan sampel sebanyak 85 orang Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Pendapatan orang tua tidak memiliki pengaruh dengan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (2) Prestasi belajar memiliki pengaruh dengan minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 27 Oct 2020 00:26
Last Modified: 27 Oct 2020 00:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28657

Actions (login required)

View Item View Item