Pengaruh Permainan Bingo Dalam Kemampuan Memahami Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelurahan Kampung Jawa 1 Kota Pariaman.

Syafni, Mutiara (2020) Pengaruh Permainan Bingo Dalam Kemampuan Memahami Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kelurahan Kampung Jawa 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UNP.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan memahami bahasa pada anak. Diduga rendahnya kemampuan memahami bahasa anak bisa disebabkan banyak faktor di antaranya yaitu metode pembelajaran yang kurang tepat, kurangnya dukungan orang tua/lingkungan, fasilitas/media pembelajaran yang kurang menarik, rendahnya tingkat kecerdasan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bingo dalam kemampuan memahami bahasa pada anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Kampung Jawa 1 Kota Pariaman. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan rancangan pretest dan posttest. Populasi penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun di Keluarga Kelurahan Kampung Jawa 1 sebanyak 15 orang, sampel penelitian ini mengambil 5 orang anak yang dipilih dari RT 03, teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa data menggunakan uji paired sample t-test. Belum diberi tindakan (pretest) kemampuan memahami bahasa anak dikaterogikan cukup mampu, sesudah diberi tindakan (posttest) kemampuan memahami bahasa anak dikaterogikan mampu dan sangat mampu dan terdapat pengaruh permainan bingo dalam kemampuan memahami bahasa pada anak. Sig 0,009 < 0,05. Disarankan kepada orang tua dan pendidik AUD dapat menggunakan permainan bingo dalam mengembangkan kemampuan memahmi bahasa pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 26 Oct 2020 08:08
Last Modified: 26 Oct 2020 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item View Item