Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan dengan Penyebut Berbeda di Kelas V Sd Gugus 4 Kecamatan Lubuk Basung

Suhada, Febrina (2020) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Dua Pecahan dengan Penyebut Berbeda di Kelas V Sd Gugus 4 Kecamatan Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FEBRINA_SUHADA_16129315_2975_2020.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda di kelas V SD Gugus 4 Kecamatan Lubuk Basung tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan desain yang digunakan Quasi Exsperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus 4 Kecamatan Lubuk Basung. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, yang kemudian diperoleh kelas SDN 04 Sikabu kelas V.b sebagai kelas eksperimen, dan SDN 07 Sungai Jaring kelas V sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, didapat rata-rata hasil pretest kelas eksperimen sebesar 52,88 dan pada kelas kontrol sebesar 46,12. Setelah diberikan perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, didapatkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 82,37, sedangkan kelompok kontrol adalah 73,37. Hasil analisis data dari uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh thitung = 2,9 sedangkan ttabel= 1,677224. Hal ini berarti thitung > ttabel (2,9 > 1,677224) , maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model PBL terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda di kelas V SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:10
Last Modified: 26 Oct 2020 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28644

Actions (login required)

View Item View Item