Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Lompat Tinggi Gaya Straddle. (Studi Eksperimen pada Mahasiswa FIK UNP Jurusan kepelatihan Mata kuliah Atletik Dasar)

Desman, M. Arie (2020) Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Lompat Tinggi Gaya Straddle. (Studi Eksperimen pada Mahasiswa FIK UNP Jurusan kepelatihan Mata kuliah Atletik Dasar). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_M_ARIE_DESMAN_17199078_346_2020.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang rendahnya kemampuan lompat tinggi mahasiswa yang mengambil atletik dasar pada semester Juli-Desember 2018. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keammpuan lompat tinggi gaya straddle mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan kepelatihan yang mengambil mata kuliah atletik dasar yang berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive Sampling. Teknik ini dilakukan berdasarkan pertimbangan peneliti. Motivasi belajar diambil dengan menggunakan tes angket, dan untuk mengukur kemampuan lompat tinggi gaya straddle dilakukan tes lompat tinggi gaya straddle sesuai dengan peraturan PASI. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan lompat tinggi gaya straddle mahasiswa yang diberi dengan menggunakan metode induktif lebih besar dari pada metode pembelajaran diberi metode deduktif dengan (Fh > Ft, yaitu 2,900 > 2,19), (2) terdapat perbedaan kemampuan lompat tinggi gaya straddle mahasiswa antara motivasi belajar tinggi dengan motivasi belajar rendah, karena (Fh > Ft, yaitu 4,532 > 2,19), (3) Terdapat Interaksi antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap kemampuan kemampuan lompat tinggi gaya straddle, karena (Fh > Ft, yaitu 29,701 > 2,19), (4) pada motivasi belajar tinggi,perbedaan kemampuan lompat tinggi gaya straddle mahasiswa kelompok yang diberi metode induktif lebih besar dari pada kelompok yang diberi metode deduktif dengan (Qh = 11,014 >Qt = 2,48), (5) pada motivasi belajar rendah, perbedaan kemampuan lompat tinggi gaya straddle mahasiswa kelompok yang diberi metode deduktif lebih besar dari pada kelompok yang diberi metode induktif dengan (Qh = 5,77 >Qt =2,48).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Oct 2020 22:42
Last Modified: 25 Oct 2020 22:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28625

Actions (login required)

View Item View Item