Pengaruh Status Gizi, Motivasi Belajar dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Siak Hulu.

Nanda, Gian Rexy (2020) Pengaruh Status Gizi, Motivasi Belajar dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Siak Hulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_GIAN_REXY_NANDA_18199012_441_2020.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PJOK Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Siak Hulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung, dan tidak langsung Status Gizi (X1), Motivasi Belajar (X2), Kebugaran Jasmani (X3) terhadap Hasil belajar PJOK (Y). Metode penelitian ini secara kuantitatif dengan pendekatan Path Analisis. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Siak Hulu yang berjumlah 194 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan random sampling. dimana populasi yang dijadikan sampel berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan dengan mengunakan tes IMT untuk mengukur status gizi, kuisioner berskala Likert untuk mengukur motivasi belajar, dan tes TKJI untuk mengukur kebugaran jasmani. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien jalur normal, signifikan dan linier, dimana besarnya pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung adalah sebagai berikut : (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Status gizi terhadap Hasil belajar PJOK adalah 11,62%. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar PJOK adalah 14,06%. (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kebugaran Jasmani terhadap Hasil belajar PJOK adalah 11,15% .(4) Terdapat pengaruh tidak langsung Status Gizi terhadap Hasil belajar PJOK melalui Kebugaran jasmani adalah 21,9% . (5) Terdapat pengaruh tidak langsung Motivasi belajar terhadap Hasil Belajar PJOK melalui Kebugaran Jasmani adalah 24,6%. (6) Terdapat pengaruh tidak langsung Status Gizi terhadap Hasil belajar PJOK melalui Motivasi Belajar adalah 23,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Status Gizi, Motivasi belajar dan Kebugaran Jasmani memberikan pengaruh langsung, dan tidak langsung terhadap Hasil belajar PJOK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Oct 2020 22:42
Last Modified: 25 Oct 2020 22:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item