Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA (Studi Literatur)

Hakrizal, Fazzila (2020) Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA (Studi Literatur). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FAZZILA_HAKRIZAL_2432_16004105_2020.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat berlangsungnya pembelajaran, di antaranya model pembelajaran yang diterapkan belum melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing menuntun peserta didik untuk aktif dan bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur dengan menelaah artikel yang terkait dengan model inkuiri terbimbing. Data yang dikumpulkan adalah data sekunder berupa artikel yang diambil dari berbagai jurnal. Data dikumpulkan dengan cara mencari penelitian yang terkait dengan model inkuiri terbimbing dari berbagai jurnal yang ada. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis deskriptif sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini terbukti dari hasil analisis artikel yaitu pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar IPA. Model inkuiri terbimbing ini ternyata dapat meningkatkan aktivitas peserta didik, berfifkir kritis, motivasi belajar, dan pemahaman konsep, sehingga berdampak pada hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Oct 2020 22:42
Last Modified: 25 Oct 2020 22:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28621

Actions (login required)

View Item View Item