Hubungan Persepsi Peserta Terhadap Materi dengan Keaktifannya Mengikuti Majelis Taklim Al-Ihsan di Katimahar Kabupaten Pasaman.

Yunerti, Martika (2020) Hubungan Persepsi Peserta Terhadap Materi dengan Keaktifannya Mengikuti Majelis Taklim Al-Ihsan di Katimahar Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_4_MARTIKA_YUNERTI_15005046_2877_2020.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh masih rendah keaktifan peserta dalam menghadiri kegiatan Majelis Taklim Al-Ihsan di Katimahar, Kabupaten Pasaman. Hal ini diduga oleh kurang baiknya persepsi peserta terhadap materi yang diberikan oleh ustad pada Majelis Taklim Al-Ihsan di Katimahar, Kabupaten Pasaman. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi peserta terhadap materi majelis taklim, mendeskripsikan keaktifan peserta majelis taklim, dan melihat kaitan antara persepsi anggota tentang materi majelis taklim dan keaktifannya pada pelaksanaan Majelis Taklim Al-Ihsan di Katimahar, Kabupaten Pasaman. Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populas penelitian ini adalah seluruh anggota terdaftar yang masih aktif pada Majelis Taklim Al-Ihsan di Katimahar, Kabupaten Pasaman yang berjumlah 50 orang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Maka untuk menetapkan responden digunakan teknik random sampling, artinya pengambilan sampel dilakukan secara acak. Banyak sampel yang diambil adalah 60% dari jumlah populasi yaitu 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan alat pengumpulan data ini adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) persepsi peserta Majelis Taklim Al-Ihsan kurang positif terhadap materi, (2) keaktifan peserta dalam mengikuti majelis taklim rendah mulai dari keaktifan fisik, keaktifan indera dan keaktifan rohani, serta (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta terhadap materi dengan keaktifannya mengikuti Majelis Taklim Al-Ihsan di Katimahar , Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 23 Oct 2020 07:04
Last Modified: 23 Oct 2020 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28612

Actions (login required)

View Item View Item