Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Aplikasi Autorun Pro Enterprise II versi 6.0 pada Bimbingan TIK Kelas VII SMP.

Zafari, Kemal Afyn (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Aplikasi Autorun Pro Enterprise II versi 6.0 pada Bimbingan TIK Kelas VII SMP. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_3_KEMAL_AFYN_ZAFARI_16004056_2695_2020.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan siswa dalam proses pembelajaran dimana siswa banyak yang tidak mengerti dengan materi pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang dijelaskan oleh guru dan tidak adanya variasi dalam pembelajaran yang hanya bergantung pada media pembelajaran berupa media cetak yaitu buku Lembar Kerja Siswa (LKS). Kekurangan media pembelajaran yang disediakan oleh pihak sekolah dan guru menjadikanmedia pembelajaran yang ada belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan siswa untuk dapat belajar secara mandiri. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Autorun Pro Enterprise II versi 6.0 pada bimbingan TIK kelas VII SMP yang valid. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reserch and Development)denganmenggunakan model 4D yaitu define, design, development, dan disseminate. Tahap define terdiri atas analisis kurikulum, analisis siswa dan analisis konsep. Tahap design dilakukan dengan perancangan media yaitu pembuatan flowchart dan stroyboard. Tahap development dilakukan dengan uji validitas. Tahap disseminate terdiri dari pengemasan dan penyerahan media interaktif ke sekolah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah berhasil dibuat multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Autorun Pro Enterprise II versi 6.0 pada bimbingan TIK kelas VII SMP. Hasil dari validasi ahli media tahap 1 adalah 65% dengan kategori penilaian media baik atau valid dan hasil validasi media tahap 2 adalah 88% dengan kategori penilaian media sangat baik atau sangat valid. Hasil validasi materi didapatkan hasil 82% dengan kategori penilaian media sangat baik atau sangat valid. Tahap penyebarluasan dilakukan dengan mengemas produk dalam bentuk karya ilmiah. Dengan demikian, multimedia interaktif dengan menggunakan aplikasi Autorun Pro Enterprise II versi 6.0 pada bimbingan TIK kelas VII SMP layak untuk digunakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 23 Oct 2020 07:04
Last Modified: 23 Oct 2020 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28608

Actions (login required)

View Item View Item