Pengembangan Computer Based Testing pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang

Afifah, Elsa Nur (2020) Pengembangan Computer Based Testing pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ELSA_NUR_AFIFAH_15004055_2627_2020.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Computer Based Testing pada mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan di Universitas Negeri Padang bertujuan untuk menyediakan alat evaluasi berbasis teknologi yang dapat digunakan dosen dan mahasiswa sebagai alat evaluasi yang sesuai dengan kelayakan materi, evaluasi, dan produk serta valid dan praktis digunakan pada mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Dalam pelaksanaan evaluasi pada mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan ditemukan masalah diantaranya, pelaksanaan evaluasi masih konvensional, pemeriksaan evaluasi membutuhkan waktu yang lama sehingga hasil dari evaluasi tidak langsung dapat diketahui oleh mahasiswa. Oleh karena itu, agar efisien dosen dapat menggunakan alat bantu untuk penilaian seperti Computer Based Testing sehingga dapat mempermudah dosen dalam proses evaluasi pembelajaran pada mata kuliah Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D). Uji validitas produk dilakukan oleh 4 orang validator dengan satu orang validator ahli materi, satu orang ahli evaluasi, dan dua orang ahli sistem informasi. Uji coba praktikalitas produk dilakukan kepada mahasiswa dari berbagai Jurusan dan Fakultas di Universitas Negeri Padang yang mengikuti mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan tahun masuk 2019 dengan jumlah 40 orang dengan mengisi angket. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan dari validator materi, validator evaluasi dan validator ahli sistem informasi, diperoleh hasill validasi materi sebesar 4,77 dengan persentase 95,4% dikategorikan “sangat baik atau sangat valid”, hasil validasi evaluasi diperoleh sebesar 4,705 dengan persentase 94,1% dan validitas dari produk diperoleh rata-rata sebesar 4,72 dengan persentase 94,4% dikategorikan “sangat baik atau sangat valid”. Hasil uji praktikalitas memperoleh rata-rata sebesar 4,32 dikategorikan “sangat praktis”.Berdasarkan hasil validitas, dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa CBT yang dikembangkan valid, dan praktis digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Oct 2020 12:22
Last Modified: 24 Oct 2020 12:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28605

Actions (login required)

View Item View Item