Peningkatan HasilBelajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 114/III Dusun Baru Siulak Sungai Penuh Kerinci.

Sari, Indah Ririn Kurnia (2020) Peningkatan HasilBelajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas V SDN 114/III Dusun Baru Siulak Sungai Penuh Kerinci. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_6_INDAH_RIRIN_KURNIA_SARI_16129047_3212_2020.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan yang menunjukan rendahnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 114/III Dusun Baru Siulak Sungai Penuh Kerinci. Hal ini dikarenakan guru kurang memahami model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SD Negeri 114/III Dusun Baru Siulak Sungai Penuh Kerinci. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang memaparkan dengan menggunakan kata-kata dan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang memaparkan dengan menggunakan angka dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di kelas V SD Negeri 114/III Dusun Baru SiulakSungai Penuh Kerinci yang bejumlah 27 orang yang terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 83,3% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94,44% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 84,37% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I, nilai rata-rata 84,37% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learningdapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu pada tema 8 di kelas V SDN 114/III Dusun Baru Siulak Sungai Penuh Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 22 Oct 2020 23:12
Last Modified: 22 Oct 2020 23:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28592

Actions (login required)

View Item View Item