Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling.

Saputra, Hendri Rahmat (2020) Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_5_HENDRI_RAHMAT_SAPUTRA_15006093_2886_2020.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa tidak menyelesaikan tugas sekolah sesuai batas waktu dikarenakan kurangnya kepercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Ketidakpercayaan diri terhadap kemampuan yang dimiliki membuat siswa tidak dapat menyelesaikan suatu tugas dengan hasil yang baik. Sehingga siswa mulai berperilaku menunda menyelesaikan tugas, terlambat mengumpulkan tugas, melakukan persiapan berlebihan serta gagal menyelesaikan tugas sesuai batas waktu. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mendeskripsikan kepercayaan diri siswa, 2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, 3) untuk menguji hubungan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 745 orang siswa dan sampel sebanyak 282 orang siswa di SMP N 25 Padang. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalahStratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah instrumen hubungan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik dengan pilihan jawaban skala model likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik persentase dan untuk melihat hubungan antara kedua variabel digunakan analisis statistik dengan teknik Pearson Product Moment Correlation dengan bantuan program SPSS For Windows 20.0. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa:1) Secara umum sebagian besar hasil penelitian mengungkapkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 25 Padang memiliki tingkat kepercayaan diri pada kategori sedang dengan persentase 44,33% dari 282 responden. 2) Sebagian besar hasil penelitian mengungkapkan prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 25 Padang berada pada kategori sedang dengan persentase 39,01% dari 282 responden.3) Ada hubungan negatif signifikan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik siswa di SMP Negeri 25 Padang artinya Jadi semakin tinggi tingkat kepercayaan diri siswa, maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru BK atau konselor dapat memberikan layanan yang tepat untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sehingga mengurangi perilaku prokrastinasi akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 22 Oct 2020 23:12
Last Modified: 22 Oct 2020 23:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28591

Actions (login required)

View Item View Item