Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VII Di SMP.

Putri, Jenni Aulia Rahma (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Mata Pelajaran PKN Kelas VII Di SMP. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_3_JENNI_AULIA_RAHMA_PUTRI_16004043_2579_2020.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Seperti yang kita ketahui pencapaian tujuan proses pembelajaran peran guru sangat penting dalam upaya-upaya membangun kreativitas kemampuan kognitif dan juga meningkatkan prestasi peserta didik didalam pembelajaran, dalam pencapaian upaya tersebut dalam proses pembelajaran tergantung metode dan juga model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu metode atau model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas atau kemampuan kognitif siswa didalam proses pembelajaran adalah salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada mata pelajaran PKN kelas VII di SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian studi literatur dengan menelaah 13 jurnal yang relevan dengan penelitian penulis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data penelitian diperoleh dari artikel yang terdapat pada berbagai jurnal. Data yang dilakukan pada penelitian ini adalah diambil dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber yang berhubungan erat dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Bardasarkan hasil jurnal dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif di tingkat SD, SMP dan SMA menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) baik dari satuan pendidikan ataupun mata pelajaran. Penelitian ini dibuktikan dengan menelaah 13 jurnal yang menggunakan metode kuantitatif. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas eksperimen yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dibandingkan dengan kelas kontrol yang belajar secara konvesional. Hasil penelitian diperoleh dari menganalisis 13 jurnal yang menggunakan metode kuantitatif. Model kooperatif tipe NHT dapat memperbaiki kehadiran siswa, saling menghargai pendapat teman serta mengembangkan rasa percaya diri siswa.s

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 22 Oct 2020 23:09
Last Modified: 22 Oct 2020 23:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28590

Actions (login required)

View Item View Item