Penggunaan Media Picture puzzle Untuk Meningkatkan Interaksi Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IS 2 SMA Negeri 2 Painan

Dewi, Yessy Novita (2019) Penggunaan Media Picture puzzle Untuk Meningkatkan Interaksi Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IS 2 SMA Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang rendahnya interaksi dalam pembelajaran sejarah. Solusi yang peneliti ajukan untuk meningkatkan interaksi dalam pembelajaran sejarah yaitu menggunakan media picture puzzle. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan interaksi dalam pembelajaran sejarah melalui penerapan media picture puzzle. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di kelas X IS 2 SMA N 2 Painan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan oleh dua orang observer dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam setiap indikator interaksi. penerapan media picture puzzle dapat meningkatkan interaksi dalam pembelajaran sejarah. Peningkatan interaksi dalam pembelajaran sejarah dapat dilihat dari persentase interaksi dari 47,73% pada observasi awal menjadi 72,50% pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,47%. Peningkatan interaksi ini terjadi karena pelaksanaan pembelajaran yang inovatif dan kreatif yaitu menggunakan media picture puzzle. Indikator interaksi yang paling tinggi mengalami peningkatan yaitu pada indikator prosedur pembelajaran yang terencana dengan persentase sebesar 95,59% sedangkan tingkat perkembangan tingkat pesentase yang paling rendah yaitu indikator tujuan interaksi sebesar 76,72%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 22 Oct 2020 00:03
Last Modified: 22 Oct 2020 00:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28575

Actions (login required)

View Item View Item