Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Fahriza, Rusdian (2019) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_RUSDIAN_FAHRIZA_14129269_1398_2019.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kenyataan bahwa dalam proses pembelajaran guru kurang dilibatkan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran monoton, siswa kurang mampu memberikan informasi kepada temannya yang lain di luar kelompok. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Two Stay Two Stray di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas V sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini merupakan hasil data penilaian perencanaan, data penilaian pelaksanaan yaitu kegiatan pembelajaran aspek guru, kegiatan pembelajaran aspek siswa dan data penilaian aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulannya berupa non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam aspek : a) RPP siklus I dengan rata-rata ialah 85,7% (B) dan siklus II 92,8% (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata ialah 76,58% (B) dan siklus II 96,87% (SB), sedangkan untuk pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata ialah 73,38% (C) dan siklus II 96,87% (A), c) Aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata ialah 67,17 (C) dan siklus II 88,42% (SB). Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivistas belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas V SDN 16 Tanjung Aur Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Oct 2020 15:19
Last Modified: 21 Oct 2020 15:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28564

Actions (login required)

View Item View Item