Masalah Kegiatan Belajar Siswa dan Manfaat Layanan Penguasaan Konten

Juniyart, Metha Eka (2019) Masalah Kegiatan Belajar Siswa dan Manfaat Layanan Penguasaan Konten. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_METHA_EKA_JUNIYARTI_16151025_4749_2019.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya mutu kegiatan belajar siswa dan banyaknya jumlah masalah belajar yang dialami. Pelaksanaan layanan penguasaan konten tentang materi masalah kegiatan belajar diduga mampu mengembangkan dan meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mutu dan masalah kegiatan belajar siswa dan pendapat mereka terhadap manfaat pelaksanaan layanan penguasaan konten terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri di Kabupaten Kerinci, dengan jumlah sampel 94 orang siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket tertutup. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif (teknik persentase), t-test dan correlation product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor mutu kegiatan belajar siswa masih rendah atau kurang sekali dengan rata-rata 39,3% dari skor ideal dan masalah belajar yang cukup banyak dengan rata-rata 48,11% dari jumlah masalah yang mungkin ada, (2) pendapat siswa tentang manfaat pelaksanaan layanan penguasaan konten berkaitan dengan masalah kegiatan belajar berada pada kategori cukup (66,79%), (3) dinamika berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggungjawab (BMB3) siswa terhadap pelaksanaan layanan penguasaan konten berkaitan dengan masalah kegiatan belajar berada pada kategori cukup (78,35 %), dan (4) manfaat pelaksanaan layanan penguasaan konten tentang masalah kegiatan belajar yang diberikan terhadap siswa memiliki hubungan dengan respon kualitas dinamika BMB3 siswa dan juga berkorelasi positif terhadap mutu kegiatan belajar siswa. Hal ini menegaskan bahwa semakin baik pelaksanaan layanan penguasaan konten yang diberikan oleh guru BK tentang masalah kegiatan belajar siswa maka akan semakin baik mutu kegiatan belajar dan dinamika BMB3 siswa. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, Guru BK/ Konselor harus mampu mengembangkan potensinya dalam memberikan pelayanan profesional terutama dalam layanan penguasaan konten mengenai masalah kegiatan belajar siswa. Hal tersebut merupakan suatu upaya yang tepat dan efektif dalam mengembangkan serta meningkatkan mutu kegiatan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 21 Oct 2020 15:19
Last Modified: 02 Nov 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28560

Actions (login required)

View Item View Item