Efektivitas Analisis Butir Soal Menggunakan Program Anajohn, Anates, dan Iteman Studi Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran Sejarah SMA di Kota Padang

Putri, Rizqa Hamalliya (2019) Efektivitas Analisis Butir Soal Menggunakan Program Anajohn, Anates, dan Iteman Studi Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Mata Pelajaran Sejarah SMA di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah guru belum melakukan analisis butir soal sebelum diujikan kepada peserta didik terutama pada soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mata pelajaran Sejarah SMA di Kota Padang. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui analisis kuantitatif soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) mata pelajaran Sejarah SMA Kota Padang tahun ajaran 2018/2019 menggunakan program Anajohn, Anates dan Iteman, (2) untuk mengetahui perbandingan efektivitas program tersebut dalam menganalisis kualitas butir soal dan menguntungkan bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Padang, SMA Negeri 4 Padang, dan SMA Negeri 12 Padang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan tiga program yaitu Anajohn, Anates dan Iteman. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Analisis program Anajohn pada paket A adalah soal yang valid sebesar 50%, reabilitas sebesar 0,71 (Tinggi), tingkat kesukaran 35% (Sedang), daya pembeda sebanyak 50% (Soal dibuang). Pada paket B adalah soal yang valid sebesar 75%, reabilitas sebesar 0,26 (Rendah), tingkat kesukaran 60% (tinggi), daya pembeda sebanyak 32,5% (Soal diterima tapi perlu diperbaiki). Analisis program Anates pada paket A adalah soal yang valid sebesar 75%, reabilitas sebesar 0,91 (Tinggi), tingkat kesukaran 65% (Tinggi), daya pembeda sebanyak 57,5% (Baik), keberfungsian pengecoh 37,5% (Sangat Buruk). Pada paket B adalah soal yang valid sebesar 67,5%, reabilitas sebesar 0,87 (Tinggi), tingkat kesukaran 65% (tinggi), daya pembeda sebanyak 55% (Baik), keberfungsian pengecoh 62,5% (Sangat Buruk). Analisis program Iteman pada paket A adalah reabilitas soal sebesar 0,671 (Tinggi), tingkat kesukaran 62,5% (Tinggi), daya pembeda sebanyak 52,5% (Baik). Pada paket B adalah reabilitas soal sebesar 0,791 (Tinggi), tingkat kesukaran 60% (tinggi), daya pembeda sebanyak 50% (Baik). (2) Dari sajian hasil analisis kuantitatif di atas, program yang efektif bagi peserta didik untuk validitas pada paket A adalah program Anates dan pada paket B adalah program Anajohn. Untuk reabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan keberfungsian pengecoh pada paket A dan B adalah program Anates.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 20 Oct 2020 08:25
Last Modified: 20 Oct 2020 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28552

Actions (login required)

View Item View Item