Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kartun Animasi pada Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar

Sari, Tia Kurnia (2020) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Kartun Animasi pada Tema 8 Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_TIA_KURNIA_SARI_16004069_2441_2020.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dan media pembelajaran memiliki kaitan yang sangat erat, tanpa adanya media proses pembelajaran tidak akan berjalan secara optimal sehingga sulit untuk mencapai tujuan pendidikan. Media merupakan perantara atau pengantar pesan dari pemberi ke penerima pesan agar si penerima pesan lebih mudah memahami pesan yang disampaikan oleh penerima pesan. Sementara itu, guru dalam proses pembelajaran masih banyak yang tidak menggunakan media dalam pembelajaran ataupun penggunaan media pembelajaran yang kurang inovatif, sehingga siswa kurang tertarik terhadap materi pelajaran yang diajarkan. Oleh sebab itu, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengembangan media video pembelajaran berbasis kartun animasi pada tema 8 kelas V sekolah dasar”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan mode pengembangan Borg and Gall, dengan tujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk, revisi produk, dan hasil produk akhir. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif yang didapat dari kritik dan saran dari ahli materi dan ahli media dan deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angket oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media video pembelajaran berbasis kartun animasipada tema 8 subtema 1 manusia dan lingkungan.Hal ini dilihat dari hasil nilai persentase kelayakan media dari aspek media sebelum revisi sebesar 88,75%, nilai persentase kelayakan media aspek media sesudah revisi sebesar 99,17%, serta nilai persentase kelayakan media dari aspek materi sebesar 97%. Dari nilai persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis kartun animasi sudah dikriteria ”Sangat baik” dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Oct 2020 00:04
Last Modified: 20 Oct 2020 00:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28534

Actions (login required)

View Item View Item