Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Aktivitas Belajar Peserta Pelatihan Bahasa Inggris di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Hazika Education Centre Padang

Afrianti, Vega (2020) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Aktivitas Belajar Peserta Pelatihan Bahasa Inggris di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Hazika Education Centre Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_VEGA_AFRIANTI_16005093_1651_2020.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa rendahnya aktivitas belajar peserta dalam mengikuti pelatihan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang, hal ini diduga karena ada hubungannya dengan motivasi belajar peserta dalam mengikuti pelatihan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran motivasi belajar, gambaran aktivitas belajar, dan hubungan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar peserta pelatihan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat dekskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta pelatihan pada pelatihan Bahasa Inggris di LKP Hazika Education Centre Padang sebanyak 50 orang dan sampel sebanyak65% yaitu 35 orang, dengan teknik penarikan sampel adalah sampel acak (random sampling). Teknik Pengumpulan data berupa kuesioner dengan alat pengumpul datanya berupa angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase dan korelasiproduct moment. Hasil penelitian ini bahwa motivasi belajar peserta pelatihan tergolong rendah, aktivitas belajar kurang kondusif, dan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar terhadap penguasaan keterampilan peserta padapelatihanketerampilan Bahasa Inggris. Saran adalah diharapkan kepada peserta pelatihan untuk dapat meningkatkan motivasi belajar dan aktivitas belajarnya agar menghasilkan penguasaan keterampilan yang lebih baik. Bagi penyelenggara dan Instruktrur pelatihan agar dapat meningkatkan motivasi belajar peserta pelatihan, dengan cara menggunakan media-media, metode dan strategi pembelajaran yang akan membangkitkan motivasi peserta pelatihan sehingga menjadi lebih aktif dalam mengikuti aktivitas belajar pelatihan Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Oct 2020 00:04
Last Modified: 20 Oct 2020 00:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28533

Actions (login required)

View Item View Item