Analisis terhadap perubahan Konsep diri dan Motivasi belajar mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) di Jurusan KTP FIP UNP

Prettysia, Yosa (2020) Analisis terhadap perubahan Konsep diri dan Motivasi belajar mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) di Jurusan KTP FIP UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_YOSA_PRETTYSIA_16004036_3005_2020.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan konsep diri dan motivasi belajar mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang dari segi; (1) Konsep diri mahasiswa sebelum dab setelah mengikuti mata kuliah PSDM (2) Motivasi belajar mahasiswa sebelum dan setelah mengikuti mata kuliah PSDM, serta (3) Konsep diri dan motivasi belajar mahasiswa meningkat setelah mengikuti mata kuliah PSDM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yang telah selesai mengikuti perkuliahan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) semester Juli-Desember 2019 yang berjumlah sebanyak 174 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan alat pengumpulan data penyebaran kuesioner secara online dan teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsep diri mahasiswa sebelum mengikuti Mata Kuliah PSDM diperoleh mean 126,63 dan dengan Standar Deviasi 18,59 sedangkan konsep diri mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah PSDM diperoleh mean 152,5 dan dengan Standar Deviasi 15,1 (2) motivasi belajar mahasiswa sebelum mengikuti Mata Kuliah PSDM diperoleh mean 105,9 dan dengan Standar Deviasi12 sedangkan motivasi belajar mahasiswa setelah mengikuti Mata Kuliah PSDM diperoleh mean 133,47 dan dengan Standar Deviasi 11,25 (3) konsep diri dan motivasi belajar mahasiswa meningkat setelah mengikuti mata kuliah PSDM dengan perbandingan selisih konsep diri sebelum dan setelah dengan mean 126,63 dan 152,5 sedangkan perbandingan selisih motivasi belajar sebelum dan setelah dengan mean 105,9 dan 133,47.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2020 09:51
Last Modified: 19 Oct 2020 09:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28528

Actions (login required)

View Item View Item