Pengaruh Majemen Laba dan Tax Avoidance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 -2018).

Violeta, Chindy Annisa (2020) Pengaruh Majemen Laba dan Tax Avoidance terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 -2018). Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan adalah manajemen laba dan tax avoidance, dimana pada saat ini banyak kasus manajemen laba dan tax avoidance yang terjadi pada perusahaan perbankan di Indonesia. Pembaharuan dari penelitian ini adalah dimana penelitian ini menggunakan pengukuran manajemen laba yang berbeda dari penelitian sebelumnya yaitu performance matched model. Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh manajemen laba dan tax avoidance terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan total sampel sebanyak 135 sampel. Metode pengumpulan data adalah metode dokumenter. Analisis dilakukan dengan menggunakan model regresi berganda. Manajemen laba diukur dengan menggunakan discretionary accrual yang dihitung dengan performance matched model dan tax avoidance diukur dengan menggunakan effective tax ratio (ETR). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) manajemen laba berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) tax avoidance berpengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian karena dalam penelitian ini hanya meneliti pada perusahaan perbankan. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat menggunakan model lain sebagai alat ukur dari manajemen laba serta mencari variabel independen lain jika ingin melakukan penelitian yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Oct 2020 09:51
Last Modified: 19 Oct 2020 09:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28526

Actions (login required)

View Item View Item