Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 01 Koto Marapak Kota Pariaman

Suryatama, Yudia (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 01 Koto Marapak Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YUDIA_SURYATAMA_16129434_2947_2020.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V ini dilatar belakangi oleh rendahnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dan hasil belajar siswa, pada pelaksanaannya guru juga belum menggunakan model pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat siswa, dan kurang memberikan permasalahan kepada siswa. Akibatnya siswa didalam kelas terlihat menoton dan kurang mampu dalam menentukan masalah dan cara penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learningpada pembelajaran tematik terpadu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian didahului dengan perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester I Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas V sebanyak 12 orang yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Hasil penelitian siklus I pada RPP rata-rata 75,79% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas guru rata-rata 75% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pada aktivitas siswa rata-rata 71,45% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 63,49 (kurang), meningkat pada siklus II menjadi 80,40 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:35
Last Modified: 19 Oct 2020 04:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28517

Actions (login required)

View Item View Item