Profil Anak Jalanan dalam Melaksanakan Kegiatan mengamen sambil Belajar (Studi Kasus di Persimpangan Lampu Merah Taman Hijau Imam Bonjol Padang)

Wepriadi, Deni (2020) Profil Anak Jalanan dalam Melaksanakan Kegiatan mengamen sambil Belajar (Studi Kasus di Persimpangan Lampu Merah Taman Hijau Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_DENI_WEPRIADI_17006188_2137_2020.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang anak jalanan yang melakukan kegiatan belajar disela-sela pekerjaannya sebagai pengamen, Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan gambaran tentang : tujuan kegiatan mengamen sambil belajar, waktu mengamen sambil belajar, media yang digunakan dalam mengamen sambil belajar, metoda yang digunakan dalam mengamen sambil belajar, tanggapan lingkungan mengamen sambil belajar dan harapan masa depannya dalam mengamen sambil belajar sebagai anak jalanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisnya studi kasus. Subjek penelitian adalah seorang anak jalanan yang melaksanakan kegiatan mengamen sambil belajar. Informasi dijaring dengan tekhnik bola salju. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasif dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara memilih data, menyusun data kedalam variabel yang sesuai, dan menulis narasi. Diperoleh temuan bahwa tujuan belajarnya dinyatakan secara jelas yaitu untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi ditengah kondisi ekonomi orang tuanya yang begitu sulit dan serba kekurangan, waktu yang digunakan dalam melaksanakan mengamen sambil belajar tidak mengganggu waktu belajarnya disekolah maupun waktu belajarnya dilapangan Hijau Imam Bonjol Padang, media belajar yang digunakan dalam menyelesaikan tugas-tugas rumah yang diberikan gurunya disekolah sebuah karton bekas air minum mineral yang digunakan sebagai alas dalam mengerjakan tugas, sedangkan media lainnya yaitu majalah dan koran-koran bekas yang sering ia gunakan sebagai bahan bacaan dalam menambah pengetahuannya, metoda belajar yang digunakan yaitu tanya jawab, tanggapan lingkungan terhadap kegiatan yang sering dilakukan subjek sangat bervaritif, ada yang beranggapan positif dan ada pula yang beranggapan negatif, harapan subjek dinyatakan dengan sikap yang tidak mau menyerah begitu saja pada nasib dan keadaan. Berdasarkan temuan penelitian, dikemukakan saran - saran sebagai berikut: Hendaknya subjek X dapat mencari usaha-usaha lain agar dapat melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi selain sebagai pengamen dan juga masih bisa membantu orang tuanya,kepada anak jalanan hendaknya lebih mempertahankan prestasi yang telah diraih dan juga konsep hidup mandiri yang tidak mudah menyerah pada nasib dan keadaan dengan begitu saja dan kepada masyarakat umum, jangan selalu berfikiran negatif terhadap keberadaan anak jalanan karena tidak semua mereka yang berprilaku salah dan tidak peduli pada lingkungan ataupun juga pada diri mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:20
Last Modified: 19 Oct 2020 04:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28511

Actions (login required)

View Item View Item