Hubungan Kontrol Diri dalam Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajat Siswa SMA Negeri 5 Padang

Agung, Desri Fitri (2020) Hubungan Kontrol Diri dalam Penggunaan Media Sosial dengan Hasil Belajat Siswa SMA Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, UNP.

[img]
Preview
Text
A_5_DESRI_FITRI_AGUNG_16006009_3065_2020.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Kontrol diri adalah kemampuan diri dalam mengendalikan keinginan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang diinginkan baik dalam hal bertindak dan berperilaku, terutama dalam penggunaan media sosial, pengendalian diri dalam penggunaan media sosial yang dimaksud adalah pendendalian diri dalam belajar, yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol keputusan. Dalam belajar siswa tentunya sangat perlu dalam mengontrol diri agar hasil belajar menjadi bagus. Hasil belajar adalah perolehan hasil yang didapatkan oleh siswa dalam bentuk angka. Perolehan hasil belajar yang didapatkan siswa merupakan cerminan dari diri siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagagaimana hubungan kontrol diri siswa dalam penggunaan media sosial dengan hasil belajar Ssiswa SMA Negeri 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif, dengan sampel sebanyak 276 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang disusun menggunakan model skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 5 Padang dari segi perilaku, kognitif dan keputusan berada dalam kategori tinggi dan ini tentunya perlu dipertahankan agar siswa selalu mengendalikan diri dalam penggunaan media sosial sehingga siswa dapat lebih fokus belajar di rumah dan di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:33
Last Modified: 20 Oct 2020 08:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28502

Actions (login required)

View Item View Item