Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Gerak untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA.

Fitri, Regita Cahayani (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi tentang Materi Sistem Gerak untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_REGITA_CAHAYANI_FITRI_16031023_2602_2020.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran agar peserta didik lebih aktif dan berpikir lebih kritis untuk mencari dan mendapatkan pengetahuan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Kemampuan ini melibatkan tingkatan kognitif tinggi dari taksonomi Bloom yaitu C4-C6. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dapat dikembangkan salah satunya dengan mengembangkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi tentang materi sistem gerak yang valid secara logis dan empiris, praktis, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda baik, kualitas option baik, dan reliabel. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 4D model yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu yaitu tahapan pendefenisian (define), tahapan perancangan (design), tahapan pengembangan (develop) dan tahapan penyebaran (disseminate) namun, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahapan pengembangan (develop). Ujicoba instrumen dilakukan secara online dengan memberikan link soal kepada peserta didik. Subjek penelitian ini adalah dua orang dosen jurusan Biologi FMIP A UNP dan 30 orang peserta didik kelas XI SMAN 2 Harau. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validitas yang diisi oleh dua orang dosen Biologi UNP dan angket praktikalitas diisi oleh dua orang guru Biologi. Sedangkan tingkat kesukaran, daya pembeda, kualitas option dan reliabilitas menggunakan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi yang diujicobakan kepada peserta didik kelas XI. Berdasarkan analisis data, didapatkan nilai validitas logis dengan nilai rata-rata 78.75%, termasuk kategori cukup valid. Nilai rata-rata praktikalitas adalah 94. 79% dengan kategori sangat praktis. Basil validitas empiris dari 50 soal didapatkan 34 soal valid, dengan tingkat kesukaran sedang, da ya pembeda baik, kualitas option baik, dan reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi yang valid, praktis, memiliki tingkat kesukaran sedang, daya pembeda soal yang baik, kualitas option soal yang baik, dan reliabilitas sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:40
Last Modified: 15 Oct 2020 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28496

Actions (login required)

View Item View Item