Kelarutan Pigmen Anorganik Kuning dan Hitam dalam Gelasi Mikroemulsi Water In Oil Sistem Air, SDBS dan Pentanol untuk Tint A Ballpoint.

Fauziah, Rahmi (2020) Kelarutan Pigmen Anorganik Kuning dan Hitam dalam Gelasi Mikroemulsi Water In Oil Sistem Air, SDBS dan Pentanol untuk Tint A Ballpoint. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_RAHMI_FAUZIAH_16036018_2181_2020.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Pigmen adalah suatu zat kimia yang ketika berikatan dengan suatu material akan memberikan wama pada material tersebut. Pigmen banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada bidang industri. Pigmen terbagi dua yaitu pigmen organik dan anorganik. Pigmen yang digunakan pada penelitian ini adalah pigmen anorganik. Pigmen anorganik memiliki stabilitas termal yang baik, ketahanan terhadap cahaya yang baik, serta wama yang dihasilkan lebih pekat dari pigmen organik. Penelitian ini bertujuan untuk preparasi sol-gel dari mikroemulsi water in oil, menentukan kelarutan pigmen anorganik kuning dan hitam dalam sol mikroemulsi water in oil, dan di aplikasikan untuk tinta ballpoint. Preparasi sol dilakukan dengan metode sol gel yang terjadi pada suhu rendah. Kelarutan zat wama diamati dengan jumlah zat terlarut pigmen anorganik kuning dan hitam dalam sol mikroemulsi water in oil. Jumlah kelarutan pigmen kuning yaitu 0,096 gram, sedangkan pigmen hitam 0,088 gram. Untuk melihat kepekatan dari pigmen dilakukan uji densitas. Jumlah densitas yang dihasilkan pada pigmen kuning yaitu 0,933 gram/cm' dan pigmen hitam 0,914 gram/cm'. Hasil densitas Tinta yang dihasilkan memenuhi standar densitas yang ditentukan SNI tinta dengan nomor 06-1567-19999 yaitu 0,9 - 1 gram/cm". Kemudian dilakukan pengukuran indeks bias dan turbiditas (kekeruhan) untuk menentukan homogenitas pigmen kuning dan hitam, dilakukan dengan menggunakan alat refraktometer ABBE dan turbidimeter. Hasil pengukuran indeks bias dikaitkan dengan kelarutan pigmen, semakin besar kelarutan pigmen maka semakin tinggi nilai indeks bias dan turbiditasnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:40
Last Modified: 15 Oct 2020 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28495

Actions (login required)

View Item View Item