Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Ibu Ke Posyandu N agari Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Analisis Faktor.

Anisah, Putri (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Ibu Ke Posyandu N agari Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_PUTRI_ANISAH_16030019_2485_2020.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Posyandu adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk masyarakat dengan dukungan tehnik dari petugas kesehatan. Posyandu bertujuan untuk membentuk keturunan yang sehat dan melindungi anak dari ancaman penyakit dan kematian. Ibu yang tidak melakukan kunjungan ke posyandu, maka tidak dapat mengetahui tumbuh kembang anak dan informasi mengenai kesehatan untuk anak. Beberapa faktor yang mempengaruhi kunjungan ibu ke posyandu diantaranya adalah faktor tingkat pengetahuan ibu, faktor status pekerjaan ibu, faktor sikap ibu, faktor fasilitas posyandu, faktor jarak posyandu, faktor dukungan keluarga, dan faktor peran kader. Ketujuh faktor ini saling berhubungan dan terkait satu sama lain, sehingga analisis statistika yang dapat digunakan untuk mengetahui hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan ibu ke posyandu adalah analisis faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan ibu ke Posyandu Nagari Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi, ibu yang memiliki balita, dan ibu hamil di Nagari Kayu Tanam Kabupaten Padang Pariaman berjumlah 133 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dimana keseluruhan anggota populasi dijadikan sampel. Data yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner diolah menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kunjungan ibu ke Posyandu Nagari Kayu Tanam terdiri dari dua faktor yaitu, faktor satu terdiri dari jarak posyandu, dukungan keluarga, dan peran kader. Faktor dua terdiri dari sikap ibu, dan fasilitas posyandu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:28
Last Modified: 14 Oct 2020 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28494

Actions (login required)

View Item View Item