Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP

Sari, Ori Setria (2020) Pengembangan E-Modul Berbasis Multimedia dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ORI_SETRIA_SARI_16004059_2546_2020.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Pengembangan e-modul pada mata pelajaran Informatika Kelas VII SMP dilakukan sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa dan sebagai bahan belajar yang sesuai dengan kelayakan materi dan media. E-modul ini dirancang berdasarkan tingkat kebutuhan siswa kelas VII SMP terhadap ketersediaan bahan ajar atau buku sumber mata pelajaran Informatika. Penggunaan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker dalam pembelajaran diharapkan dapat menghasilkan sebuah bahan ajar berupa e-modul yang bermanfaat bagi siswa dan dapat membantu siswa dalam belajar, membuat proses belajar mengajar semakin menarik dan tidak membosankan. Jika digunakan oleh guru disaat tidak bisa hadir untuk menyampaikan materi di dalam kelas seperti biasa, siswa disuruh untuk belajar mandiri menggunakan e-modul. E-modul dapat mengurangi suasana statis dan dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif, menarik, serta diharapkan dapar mengurangi kejenuhan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. E-modul ini penting dikembangkan, karena menarik dan mudah digunakan siswa, modul elektronik ini tidak memiliki keterbatasaan kuantitas, berapapun jumlah siswa yang mengikuti mata pelajaran Informatika bahan ajarnya selalu tersedia dan dapat digunakan oleh siswa kelas VII SMP setiap tahun pelajarannya. Sehingga dapat membantu siswa memperoleh materi pembelajaran yang sesuai dengan silabus agar siswa dapat belajar secara mandiri kapanpun dan dimanapun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (R&D), dalam prosesnya penelitian ini memakai model pengembangan ADDIE yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian merujuk pada lima tahapan yaitu, 1) tahap analisis (analize) , 2) tahap desain (design), 3) tahap (pengembangan) development, 4) tahap penerapan (implementation), 5) dan tahap penilaian (evaluation). Uji validitas produk dilakukan oleh tiga orang validator dengan satu orang validator ahli materi dan dua orang validator ahli media. Validator materi adalah guru mata pelajaran Informatika di SMP Negeri Payakumbuh, validator media I dan II adalah dosen Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian dan pengembangan e-modul berbasis multimedia menunjukan bahwa, perolehan uji validitas media dikategorikan “sangat valid” dengan nilai dari validator I sebesar 4,38 dan validator II sebesar 4,56 dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan aspek materi dikategorikan “sangat baik” dengan nilai dari validator materi sebesar 4,8. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis multimedia telah layak digunakan dalam proses pembelajan untuk penunjang belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:11
Last Modified: 14 Oct 2020 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28486

Actions (login required)

View Item View Item