Pemetaan Kualitas Airtanah Berdasarkan parameter Total Dissolved Solid (TDS) dan Daya Hantar Listrik (DHL) dengan Metode Ordinary Kriging di Kee. Padang Barat Kota Padang Provinsi Sumtera Barat

Ruseffandi, M. Asy (2020) Pemetaan Kualitas Airtanah Berdasarkan parameter Total Dissolved Solid (TDS) dan Daya Hantar Listrik (DHL) dengan Metode Ordinary Kriging di Kee. Padang Barat Kota Padang Provinsi Sumtera Barat. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_12_M_ASY_RUSEFFANDI_18137060_454_2020.pdf

Download (799kB) | Preview

Abstract

Kecamatan Padang Barat yang berada di pesisir pantai Kota Padang merupakan wilayah yang berpotensi rnengalarni intrusi air laut menjadi penting untuk diketahui, intrusi air laut merupakan salah satu sumber pencemaran terhadap air tanah yang rnengakibatkan kandungan garam dalam air tanah tinggi, dalam hal ini diidentifikasi oleh besamya konsentrasi klorida (Cl) yang berasal dari air laut melalui transportasi massa klorida (Cl) pada air tanah dan volume air tanah yang berkualitas sesuai baku mutu menjadi sangat terbatas.Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan dan mengetahui kualitas airtanah berdasarkan parameter Total Dissolved Solid (TDS) dan Daya Hantar Listrik (DHL).Metode penelitian yang digunakan adalah melakukan pengujian kualitas airtanah, memprediksi pola penyebaran TDS dan DHL dari analisis kualitas air menggunakan persamaan regresi dan membuat pemetaan kualitas airtanah dengan menggunakan software SGeMS dan ArcGIS. Estimasi dilakukan terhadap 105 titik sumur menggunakan metode Ordinary Kriging. Peneliti menggunakan model blok 2 dimensi dengan ukuran blok 31 x 107. Untuk melakukan proses estimasi kriging, diperlukan nilai parameter nugget, sill, dan range terlebih dahulu dengan melakukan analisis variogram. Lakukan analisis variogram dengan 4 arah utama dan segala arah (omnidirectional) sehingga dapat terlihat penyebaran data yang ada. Kemudian tentukan nilai nugget, sill, dan range dengan menyesuaikan pada bentuk variogram masing-masing arah. Setelah itu lakukan estimasi dengan metode Ordinary Kriging dengan memasukkan parameter-parameter tersebut. Hasil dari estimasi dengan menggunakan metodc Ordinary kriging didapatkan bentuk penyebaran TDS dan DHL. Luas area yang mengandung Total Dissolved Solid (TDS) pada Kee. Padang Barat adalah seluas 0,028387 km2, Titik terdekat berada tepat di bibir pantai dengan titik terjauh berada sejauh 128 meter dari bibir pantai berkisar antara O sampai 10.000 ppm dan luas area yang mengandung Daya Hantar Listrik (DHL) adalah seluas 0,025477 km2. Titik terdekat berada tepat di bibir pantai dengan titik terjauh berada sejauh 124 meter dari bibir pantai berkisar antara O sampai 15. 000 µmhos/cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:38
Last Modified: 05 Apr 2021 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28485

Actions (login required)

View Item View Item