Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Youtube terhadap Basil dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Mesin Konversi Energi di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan

Delfisanur, Delfisanur (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Youtube terhadap Basil dan Aktifitas Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Mesin Konversi Energi di SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DELFISANUR_15067003_705_2020.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang monoton dan membosankan membuat siswa menjadi malas dan tidak kreatif dalam proses pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media youtube dan konvensional dalam proses pembelajaran Mesin Konversi Energi di kelas X SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kelas ekpsperimen (TKRl), dengan menggunakan media pembelajaran berbasis youtube dan kelas Kontrol (TKR2), dengan proses pembelajaran secara konvensional terhadap peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode quacy eksperimen (Eksperimen Semu) dengan Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X TKR, yaitu TKR 1 dan TKR 2 yang masing- masing kelas berjumlah 28 siswa. Sedangkan Sampel pada penelitian adalah kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKR 2 sebagai kelas kontol. pengambilan data melalui tes tertulis yaitu melalui pre-test dan post- test. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas variansi, uji reabilitas, serta uji hipotesis, data yang terkumpul di olah dan analisis dengan menggunakan SPSS 18for windows dengan teknik Kolmogorov Smirnov-Z. Dari analisis data didapatkan hasil belajar pada kelas ekperimen (youtube) sebesar 83,75 dan 86,16, kelas kontrol (konvensional) sebesar 74,11 dan 75,00 nilai hasil dan aktifitas belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media youtube lebih signifikan terhadap hasil dan aktifitas belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:38
Last Modified: 05 Apr 2021 00:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28475

Actions (login required)

View Item View Item