Preferensi Pakan Alami Dua Spesies Anura (Fejervarya cancrivora L. dan Fejervarya limnocharis L.) di Kenagarian Setara Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Susanti, Reni (2020) Preferensi Pakan Alami Dua Spesies Anura (Fejervarya cancrivora L. dan Fejervarya limnocharis L.) di Kenagarian Setara Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RENI_SUSANTI_16032024_2483_2020.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Secara ekologi, Anura memiliki peranan penting dalam rantai makanan sebagai konsumen sekunder. Anura merupakan kamivora, j enis makanannya berupa arthropoda dan cacing. Kenagarian Setara Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan merupakan desa dengan aktivitas pertanian yang luas, sehingga lokasi ini cocok dijadikan lokasi untuk mempelajari preferensi pakan katak pada lahan pertanian dan peran pengendalian hama pada lahan tersebut. Maka dari itu dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui preferensi pakan alami dua spesies anura (F. cancrivora dan F.limnocharis) di Kenagarian Setara Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dilakukan dalam 3 tahapan yaitu tahap pertama adalah koleksi anura di lapangan, tahap kedua adalah pencucian lambung anura dan tahap ketiga adalah identifikasi jenis pakan. katak F.cancrivora di temukan sebanyak 108 ekor dan F.limnocharis sebanyak 76 ekor. Semua katak di keluarkan isi lambungnya dengan metode pencucian perut, dan di amati di bawah mikroskop. Hasil menunjukkan bahwa jenis pakan yang paling banyak di temukan di lambung kedua jenis katak adalah ordo hymenoptera dari kelas Insecta. Nilai tumpang tindih relung pada kedua j enis katak di kenagarian setara Nanggalo menunjukkan kecenderungan berkompetisi tinggi, hal ini menunjukan bahwa mereka merupakan populasi yang simpatrik, dimana mereka menempati tempat yang sama dengan pola kompetisi yang sangat tinggi dan mereka sama-sama menginginkan daerah tersebut seutuhnya, namum mereka hams berbagi karena mereka mendiami tempat yang sama. jadi dapat di simpulkan bahwa kedua spesies anura ini menyukai jenis makan yang sama dan berkompetisi tinggi di lahan terebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Oct 2020 07:40
Last Modified: 12 Oct 2020 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28470

Actions (login required)

View Item View Item