Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP Memanfaatkan Jasa Goride Menggunakan Analisis Faktor.

Rahmatina, Rahmatina (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP Memanfaatkan Jasa Goride Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ RAHMATINA_15030075_2963_2020.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa memerlukan transportasi untuk menuju kampus ataupun lokasi lainnya. Transportasi yang diperlukan adalah transportasi yang aman, nyaman, serta dapat mengakses lokasi tujuan dengan waktu yang singkat. Akses lalu lintas menuju Universitas Negeri Padang merupakan jalur padat lalu lintas, sehingga sering mengalami kemacetan. Untuk itu diperlukan transportasi yang dapat mengatasi masalah tersebut. Banyakjenisjasa transportasi darat yang tersedia di kota Padang, namun untuk lokasi tertentu tidak bisa dijangkau hanya dengan menggunakan satu kali jasa transportasi tersebut, sehingga terjadi ketidak efisienan waktu dan biaya. Transportasi online merupakan suatu pilihan yang dapat digunakan oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat memanfaatkan salah satu layanan Gojek yaitu Goride yang merupakan transportasi penumpang menggunakan kendaraan roda dua, sehingga dapat mempersingkat waktu perjalanan ditengah kemacetan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model analisis faktor dan dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP menggunakan jasa transportasi online Goride. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan ialah data primer, diperoleh dari penyebaran kuisioner online yang terdiri dari 36 peryataan dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP tahun masuk 2015 hingga 2019 yang pemah menggunakanjasa Goride. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang sebagai responden dan menggunakan teknik probality sampling dalam pengambilan sampelnya. Penelitian ini dimulai dengan mentransformasi data, kemudian dicari rata-rata per variabelnya, dan dianalisis dengan analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua faktor yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNP memanfaatkan jasa Goride. Faktor pertama dibangun oleh produk, harga, promosi, tempat dan waktu, manusia, dan proses. Faktor kedua dibangun oleh sarana fisik, dan layanan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Oct 2020 07:40
Last Modified: 12 Oct 2020 07:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28464

Actions (login required)

View Item View Item