Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Peserta Didik Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Baitussalam Padang

Rizanita, Elsa (2020) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Disiplin Belajar Peserta Didik Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Baitussalam Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ELSA_RIZANITA_16005056_2665_2020.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin belajar peserta didik Taman Pendidkan Al-Qur’an Masjid Baitussalam Padang yang diduga ada hubungannya dengan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran dan hubungan antara motivasi belajar peserta didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Baitussalam Kota Padang. Penelitian ini bersifat kolerasional, yaitu melihat hubungan antara motivasi belajar dengan disiplin belajar. Populasi penelitan adalah peserta didik Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Baitussalam Kota Padang, jumlah populasi sebanyak 64 orang. Sampel penelitian sebanyak 32 orang yang diambil 50% dari populasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar dan disiplin belajar adalah angket dengan menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban yaitu : selalu, sering, jarang, dan tidak pernah. Sedangkan untuk mengukur hasil data penelitian dilakukan dengan menggunakan rumus deskriptif dan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki disiplin belajar dan motivasi belajar yang rendah, serta terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan disiplin belajar peserta didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Baitussalam Kota Padang, hal ini dibuktikan dengan adanya hasil perhitungan kolerasi menggunakan rumus product moment yang menujukkan bahwa rhitung (0,495) lebih besar dari rtabel baik pada taraf kepercayaan 99% (0,463) maupun kepercayan 95% (0,361).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Oct 2020 03:05
Last Modified: 08 Oct 2020 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28430

Actions (login required)

View Item View Item