Tinjauan Penerapan Aturan Keselamatan danKesehatan Kerja (K3) di Work Shop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Jodie, My Son (2020) Tinjauan Penerapan Aturan Keselamatan danKesehatan Kerja (K3) di Work Shop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1-MY_SON_JODIE_16062052_676_2020.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah salah satu bentuk upaya untuk menciptakan tempat kerja yang aman, sehat, bebas dari pencemaran lingkungan, sehingga dapat melindungi dan bebas dari kecelakaan kerja, pada akhimya dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja. Resiko kecelakaan kerja tidak saja menimbulkan korban jiwa tetapi juga kerugian materi bagi manusia, dan gangguan proses produksi secara menyeluruh. Beberapa tempat kerja seperti: Lingkungan proyek, pabrik, laboratorium perusahaan dan workshop pada institusi pendidikan. Semua tempat kerja ini memiliki sumber bahaya yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja. Khususnya pada institusi pendidikan salah satunya di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP). Pada institusi ini terdapat Workshop Konstruksi sebagai tempat kerja bagi mahasiswa dalam melaksanakan pratikum, yang dalam proses kerja praktiknya banyak menggunakan mesin-mesin, alat-alat, dan bahan-bahan yang memiliki potensi serta faktor bahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Workshop Konstruksi ini terdiri dari workshop batu beton dan workshop perkayuan. Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil FT UNP belum sepenuhnya menyediakan semua alat kelengkapan pendukung penerapan K3, meliputi: APD, Poster, Rambu dan Simbol K3 untuk itu perlu dilakukan peninjauan terhadap semua alat kelengkapan pendukung K3 dengan cara meninjau langsung ke lapangan dan membandingan dengan Buku Panduan Pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (BP2K3), 2017. Untuk mengetahui ketersediaan alat pendukung K3 di Workshop Konstruksi Jurusan Teknik Sipil FT UNP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:54
Last Modified: 06 Apr 2021 05:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28417

Actions (login required)

View Item View Item