Pengaruh Perubahan Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Inflasi, dan Indeks Bursa Internasional (Indeks Dow Jones, Indeks Nikkei 225 dan Indeks Hang Seng) Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Setiawan, Keken (2020) Pengaruh Perubahan Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Inflasi, dan Indeks Bursa Internasional (Indeks Dow Jones, Indeks Nikkei 225 dan Indeks Hang Seng) Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_KEKEN_SETIAWAN_15053063_2020.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh perubahan nilai tukar Rupiah, tingkat inflasi, dan indeks bursa internasional (indeks Dow Jones, indeks Nikkei 225 dan Indeks Hang Seng) terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh data time series dari semua variabel. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode sampel jenuh yaitu dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampelnya. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.bi.go.id dan www.finance.yahoo.com. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda dengan tingkat signifikansi 5%, maka hasil penelitian ini menyimpulkan : (1) Perubahan nilai tukar Rupiah tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap IHSG (2) Tingkat inflasi berpengaruh signifikan dan negatif terhadap IHSG (3) Indeks Dow Jones berpengaruh signifikan dan positf terhadap IHSG (4) Indeks Nikkei 225 tidak berpengaruh signifikan dan negatif terhadap IHSG (5) Indeks Hang Seng berpengaruh signifikan dan positif terhadap IHSG. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan : (1) Bagi investor, hendaknya memperhatikan faktor-faktor ekonomi dalam negeri dan indeks bursa internasional sebelum menentukan pilihan dalam berinvestasi (2) Bagi pemerintah, hendaknya selalu menjaga stabilitas faktor makro ekonomi dalam negeri karena akan berdampak kepada risk dan return dalam berinvestasi (3) Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya meneliti dengan jangka waktu yang lebih lama dan menambah variabel penelitian karena masih banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi IHSG.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:55
Last Modified: 07 Oct 2020 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28416

Actions (login required)

View Item View Item