Pengembangan LKPD Model Problem Based Learning Berorientasi Aktivitas Berpikir Kritis pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di Kelas VIII SMP/MTs Kota Padang

Putri, Amelia (2020) Pengembangan LKPD Model Problem Based Learning Berorientasi Aktivitas Berpikir Kritis pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi di Kelas VIII SMP/MTs Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A _9_AMELIA PUTRI-16231005_ 2364_2020.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di SMP/MTs Kota Padang masih belum bisa mengfokuskan masalah yang diberikan oleh guru, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penggunaan media dan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memadukan antara model pembelajaran dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Salah satunya adalah mengembangkan LKPD model problem based learning berorientasi aktivitas berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD model problem based learning berorientasi aktivitas berpikir kritis yang layak digunakan dalam pembelajaran getaran, gelombang, dan bunyi ditinjau dari validitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dissseminate). Dalam penelitian ini hanya menggunakan tiga tahap dari model 4-D, sedangkan pada tahap penyebaran (dissseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen yang digunakan untuk pengujian validitas LKPD adalah lembar angket dengan empat orang tenaga ahli atau validator yang terdiri dari tiga orang dosen pendidikan IPA FMIP A UNP dan satu orang guru di SMPN 3 Padang. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dalam bentuk deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data validasi LKPD diperoleh skor sebesar 91,27 dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa LKPD model problem based learning berorientasi aktivitas berpikir kritis yang dihasilkan layak digunakan pada pembelajaran getaran, gelombang, dan bunyi ditinjau dari validitasnya. Kata kunci : LKPD, Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Oct 2020 04:23
Last Modified: 06 Oct 2020 04:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28403

Actions (login required)

View Item View Item